Indonesia: Tuan Rumah dan Soal Prestasi di Asian Games 2018

Indonesia: Tuan Rumah dan Soal Prestasi di Asian Games 2018

” Target meraih 10 besar ini benar-benar akan terus kami kawal dengan detail. “

Imam Nahrowi ( Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia )

10 Besar. Itulah target yang digaungkan oleh Indonesia dalam keikusertaan mereka dalam Asian Games 2018 kali ini. Tak hanya menjadi peserta, Asian Games 2018 juga digelar di tanah air, dengan Jakarta dan Bandung yang di tunjuk sebagai Host atau Tuan Rumah penyelenggara  event ini. Tak salah optimisme yang digaungkan oleh menpora, namun benarkah target 10 besar merupakan target yang mampu dicapai anak – anak garuda indonesia ?

Foto udara Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (2/4). Pemerintah menargetkan seluruh venue Asian Games XVIII selesai pada Juni mendatang. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz/18

Foto udara Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (2/4). Pemerintah menargetkan seluruh venue Asian Games XVIII selesai pada Juni mendatang. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz/18  ( Jakarta Globe

Salah satu lapangan atletik di komplek Jakabaring Sport City, Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Salah satu lapangan atletik di komplek Jakabaring Sport City, Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi, sumber: Metronews )

Melihat Prestasi Indonesia Di Asian Games Dari Tahun Ke Tahun

Dikutip dari halaman resmi Wikipedia, Asian games pertama kali di gelar di India pada tahun 1951. Acara yang berlangsung di ibukota India, New Delhi, memang sukses menancapkan kebanggaan tersendiri bagi publik asia dan dunia olahraga yang ikutserta di dalamnya. Asian games dianggap sebagai olimpiade mini nya Asia, sehingga ukuran penampilan beberapa altet juga diukur dari keikutsertaan dan prestasi mereka di Asian games.

Menurut informasi yang kami himpun dari website resmi asian games 2018, prestasi Indonesia di Asian games antara lain :

Prestasi Indonesia di Asian Games New Delhi 1951                   : Indonesia berada di peringkat 7
Prestasi Indonesia di Asian Games Manila 1954                         : Indonesia berada di peringkat 11
Prestasi Indonesia di Asian Games Tokyo 1958                           : Indonesia berada di peringkat 14
Prestasi Indonesia di Asian Games Jakarta 1962                         : Indonesia berada di peringkat 2
Prestasi Indonesia di Asian Games Bangkok 1966                      : Indonesia berada di peringkat 6
Prestasi Indonesia di Asian Games Bangkok 1970                      : Indonesia berada di peringkat 4
Prestasi Indonesia di Asian Games Teheran 1974                       : Indonesia berada di peringkat 5
Prestasi Indonesia di Asian Games Bangkok 1978                      : Indonesia berada di peringkat 7
Prestasi Indonesia di Asian Games New Delhi 1982                   : Indonesia berada di peringkat 6
Prestasi Indonesia di Asian Games Seoul 1986                           : Indonesia berada di peringkat 9
Prestasi Indonesia di Asian Games Beijing 1990                         : Indonesia berada di peringkat 7
Prestasi Indonesia di Asian Games Hiroshima 1994                    : Indonesia berada di peringkat 11
Prestasi Indonesia di Asian Games Bangkok 1998                      : Indonesia berada di peringkat 11
Prestasi Indonesia di Asian Games Busan 2002                          : Indonesia berada di peringkat 14
Prestasi Indonesia di Asian Games Doha 2006                           : Indonesia berada di peringkat 2
Prestasi Indonesia di Asian Games Guangzhou 2010                 : Indonesia berada di peringkat 15
Prestasi Indonesia di Asian Games Incheon 2014                       : Indonesia berada di peringkat 17

Tentu sebagai tuan rumah, Indonesia berharap lebih pada penyelenggaraan olahraga 4 tahunan sekali ini. Tak hanya prestasi, kesuksesan acara juga mengangkat nama baik Indonesia di mata dunia Internasional dan Asia khususnya. Jika melihat bagaimana konsentrasi pemberitaan pada juli 2018 ini, tentulah asian games 2018 menjadi topik yang begitu hangat dibicarakan.

Menarik menanti bagaimana prestasi Indonesia di Asian games 2018 yang berlangsung dan bertindak sebagai tuan rumah. Jika menilik pada tahun 1962 dimana saat itu Asian Games ke – 4, Indonesia sukses merebut posisi runner-up. Namun itu adalah 56 tahun yang lalu, banyak hal berubah, terutama bagaimana peserta yang ikut ambil bagian juga semakin banyak. Peluang untuk setidaknya finish di urutan 5 besar juga sudah sangat bagus. Apalagi negara negara seperti korea, jepan, india, dan china yang selalu berambisi mengakhiri Asian Games menjadi juara. Tak heran jika persiapan yang dilakukan negara negara tersebut juga sangat luar biasa. Beberapa kali dalam pantauan kami melihat training center  yang dilakukan semakin banyak dan pelatihan selalu terpusat dengan baik

Asian games 2018

Asian games 2018

Target Indonesia dan 5 Olahraga Andalan Untuk Mendulang Medali Asian Games 2018

Bertindak sebagai tuan rumah dalam usai Vietnam mengundurkan diri, Indonesia langsung tancap gas dalam mempersiapkan event 4 tahunan sekali ini. Segala lini diperbaiki, tak hanya infrastruktur, namun juga kesiapan atlit yang akan bertarung. Menarik untuk membahas bagaimana sikap petinggi olahraga Indonesia dalam memasang target, mengingat kali ini kontingen asal Indonesia bertindak tuan rumah.

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, tak memberikan target muluk – muluk kepada para kontingen Indonesia. Lolos dan menempati posisi 10 besar klasemen dengan mengantongi 20 medali emas sudah dianggap memenuhi target. Sebuah target yang berat sebenarnya namun tetap didasarkan pada fakta bahwa semua kontingen bermain di depan pendukung sendiri sehingga diharapkan menambah kemungkinan kemenangan mudah diraih.

Target dari menpora sebenarnya realistis, imam nahrowi tidak hanya event Asian games 2018 berhasil dari segi medali yang diperoleh namun juga berhasil dari sisi penyelenggaraan sehingga dapat membanggakan nama Indonesia di mata dunia internasional.

Dalam perkiraan ada sekitar 16 cabang olahraga yang memiliki potensi menyumbang medali emas dengan 5 cabang olahraga sebagai patron utama dalam mendulang emas. Adapun 5 cabang olahraga yang ditargetkan mendulang emas adalah :

Bulutangkis

Prestasi bulu tangkis Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Semenjak tahun 1962, cabang olahraga andalan Indonesia ini memang selalu ‘langganan’ menyumbang banyak medali baik dari sektor tunggal ataupun ganda. Terakhir pada Asian Games 2014 di Incheon (Korea Selatan) lalu, Indonesia memperoleh dua medali emas di nomor ganda putra dan ganda campuran.

Akuatik (Olahraga Air, Renang)

Apa yang membuat olahraga air ini istimewa? Akuatik, khususnya renang tercatat sering menyumbangkan medali. Perolehan terbanyak mereka mencapai 25 buah medali dalam satu perhelatan olahraga yang juga bergengsi. Berkat prestasinya tersebut, akuatik dijuluki pula sebagai “penyumbang medali terbanyak”.

Karate

Olahraga yang satu ini merupakan langganan dalam menyabet gelar emas di Asian Games maupun Sea Games 2017 lalu. Terlebih pada track record prestasinya terakhir di SEA Games 2017, cabang olahraga andalan Indonesia tersebut sukses membukukan 3 emas, 3 perak, dan 7 perunggu. Tak heran jika karate diprediksi juga dapat ikut mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2018.

Tenis

Pada era 90-an, I  ndonesia pernah menyita perhatian dunia melalui sosok Sri Rahayu Basuki, atau lebih dikenal dengan Yayuk Basuki. Pada masa keemasannya, Sang Jaguar Asia diketahui sempat merengkuh berbagai gelar bergengsi termasuk di Asian Games 1986, 1990, 1994, dan 1998. Seakan tak pernah surut prestasi, di berbagai perhelatan olahraga besar lain, tenis pun selalu menyumbang setidaknya 2 hingga 3 medali. Mudah – mudahan di Asian Games 2018 ini Tenis dapat kembali melanjutkan sumbangan medali bagi Indonesia.

Atletik

Berkaca pada pargelaran SEA Games 2017, atletik berhasil meraih 15 medali dari cabang atletik di SEA Games. Lima emas dihasilkan dari berbagai nomor, namun jalan cepat 20 kilometer menjadi spesial karena Indonesia berhasil catat rekor SEA Games lewat Hendro Yap. Dengan bermodalkan pengalaman tersebut, Indonesia pun semakin percaya diri akan kemampuan yang diberi para atlet cabang olahraga ini pada Asian Games 2018 nantinya.

Demikian artikel kami yang berjudul “Indonesia: Tuan Rumah dan Soal Prestasi di Asian Games 2018”. Tebakskor2018.com siap menemani waktu anda dengan berita seputar asian games 2018 langsung dari pusat Jakarta dan Palembang.

Previous Profil Aleandro Rosi Bandar Bola Piala Dunia 2018
Next 7 Cabor Andalan Indonesia Merebut Medali Emas Asian Games 2018

About author

You might also like

Asian Games 2018 0 Comments

7 Cabor Andalan Indonesia Merebut Medali Emas Asian Games 2018

7 Cabor Andalan Indonesia Merebut Medali Emas Asian Games 2018 – Kemenpora memperlihatkan ada sebanyak 7 cabor olah-raga yg miliki potensi dapat menggapai 15 medali emas di persaingan Asian games 2018

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Kabaddi Asian Games 2018

Cabang Olahraga Kabaddi Asian Games 2018 – Kabbadi  adalah salah satu olahraga tradisional yang terkenal di negara India. Banyak masyarakat India memainkan permainan ini baik di sekolah ataupun diluar sekolah.

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018

Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018 – Olahraga Panahan Merupakan olahraga dengan mengutamakan ketenangan, ketrampilan dalam penguasaan busur dan panah. Olahraga ini pertama kali dilombakan dalam Asian Games VIII di Bangkok,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply