Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018

Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018

Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018 – Olahraga Panahan Merupakan olahraga dengan mengutamakan ketenangan, ketrampilan dalam penguasaan busur dan panah. Olahraga ini pertama kali dilombakan dalam Asian Games VIII di Bangkok, Thailand pada tahun 1978.

Untuk cabang olahraga panahan di Asian Games, negara Korea Selatan merupakan negara Asia terkuat dengan kemenangan yang belum tergeserkan di sejak Asian Games IX New Delhi pada tahun 1982. Olahraga panahan menggunakan 2 jenis busur yang akan dilombakan di Asian Games yaitu busur recurve dan compound. Panahan dilombakan dengan nomor perorangan dan regu untuk pria dan wanita.

Busur Recurve adalah busur yang ujung limbsnya melengkung kedepan. Untuk saat ini busur recurve sudah modern dengan risernya berbahan metal atau karbon. Limbsnya berbahan kayu/bambu atau juga foam berlapis fiberglass atau karbon.

Busur Compound adalah busur modern yang menggunakan katrol. Pada busur compound terdapat fitur let off. Fitur ini dapat menahan tarikkan busur saat full draw sehingga terasa lebih ringan. Untuk ukuran busur, compound memiliki ukuran lebih kecil dibanding busur recurve.

Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018

Pada Asian Games 2018, cabang olahraga panahan menargetkan 1 medali emas. Mengingat Korea Selatan mendominasi cabang olahraga ini maka akan tidak mudah bagi kontingen Indonesia untuk menyapu bersih semua nomor yang dilombakan. Akan tetapi, terdapat perbedaan dalam Asian Games 2018 nanti dimana Korea Selatan akan bergabung dengan Korea Utara dalam satu kontingen dan menggunakan nama Korea.

Selain negara Korea, beberapa negara kuat lainnya seperti Taiwan, China, dan India juga memiliki atlet panahan yang handal. Meskipun begitu, kontingen Indonesia tetap memasang target 1 medali emas untuk cabang olahraga panahan di Asian Games 2018 nanti.

Untuk lokasi dan jadwal dimulainya cabang olahraga panahan adalah di Archery Field, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Panahan akan dimulai pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 sampai dengan hari Selasa, 28 Agustus 2018. Kontingen Indonesia akan menurunkan 16 atlet terbaik yang sudah menjalani pelatnas untuk sebagai persiapan mental menjelang Asian Games 2018.

Inilah Daftar Nama Atlet Olahraga Panahan Asian Games 2018

Putra
1.Riau Ega Agatha Salsabilla
2.Yoke Rizaldi Akbar
3.Alek Edwar
4.Indra Prasetyo
5.Muhamad Rindarto
6.Okka Bagus Subekti
7.Prima Wisnu Wardhana
8.Muhammad Hanif Wijaya

Putri
1.Dellie Threesyadinda
2.Triya Resky Adriyani
3.Yurike Nina Bonita Pereira
4.Diananda Choirunisa
5.Aqidatul Izzah
6.Titik Kusumawardani
7.Linda Lestari
8.Sri Ranti

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX
Next Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bridge

About author

You might also like

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian games 2018 Taekwondo

Taekwondo merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Korea, kata taekwondo berasal dari 3 kata Bahasa Korea seperti “Tae” yang berarti kaki, “Kwon” yang berarti tinju, dan juga

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX – BMX adalah sepeda khusus yang digunakan untuk melakukan atraksi ekstream yang dapat menarik perhatian para penonton dan membuat kagum para penonton yang melihat

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Roller Skate

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Roller Skate – Roller skate atau biasa dikenal sebagai sepatu roda adalah, olahraga yang menggunakan suatu alat yang digunakan di kaki dengan memiliki 2 hingga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply