Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu – Wushu merupakan seni bela diri tradisional yang berasal dari cina. Olahraga tersebut sudah ada dalam daftar kompetisi Asian games sejak 1990 di Beijing, cina hingga kini.

Kompetisi wushu dalam Asian games di bagi menjadi 2 bagian taolu (seni) and sanda (tarung). Taolu menunjukkan gaya seperti : Changquan, Nanquan, Taijiquan, and Daoshu. Tidak ada yang berbeda dari kelompok taolu pria serta wanita. Kelompok sanda pria terdiri jadi 6 kelas : 52 kg, 56 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg and 75 kg. Kelompok wanita cuma terdiri jadi 2 : 52 kg and 60 kg. Cina menguasai wushu di Asian Games.

Walau cuma turunkan 11 atlet pelatnas. Akan tetapi, sekitar 14 medali emas sukses dikumpulkan Monica Fransiska Sugiarto, dkk. Walaupun itu, pertarungan yang ditampilkan beberapa pewushu yang datang dari daerah atau sasana wushu yang berada di Tanah Air menunjukkan cabang martial art ini semakin berkembang.

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu

” Saya lihat perubahan positif di cabor wushu dibawah kepemimpinan Ketua Umum, Airlangga Hartarto. Tampak pemerataan prestasi di banyak daerah serta lebih ramai. Hal seperti ini positif untuk menumbuhkan iklim pertandingan untuk memperoleh atlet wushu terunggul yang akan berjuang di Asian Games 2018, ” tutur Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir.

Memang benar. Sekarang ini, pewushu andalan Indonesia, terpenting di putri makin bertambah dengan prestasi yang belakangan ini ditorehkan Felda Elvira Santoso yang mencapai medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu, 2017 di Rusia, awal Oktober kemarin. Felda dengan pewushu nomer satu Indonesia, Lindswell Kwok bisa menjadi keinginan Merah Putih di Asian Games 2018 untuk mencapai medali emas.

” Atas dasar itu juga, kami ingin menyarankan untuk meningkatkan satu nomer lagi di putri pada Asian Games 2018 yang akan datang, hingga yang sekarang ada 15 nomer jadi 16 nomer. Prestasi yang ditorehkan Felda Santoso menunjukkan kita mempunyai kemampuan di nomer gunshu, tidak hanya Lindswell yang disebut andalan di taijiquan, ” papar Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto waktu tutup test moment ‘Road to Asian Games 2018’, Minggu (29/10).

Berdasarkan pada draft terakhir cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018, wushu akan mempertandingkan 15 nomor pertandingan. Delapan nomor di taulo (seni), lalu tujuh nomor di sanda (tarung) yang terdiri dari lima kelas di putra dan dua kelas di putri.

Di hari terakhir test event cabang wushu, dari 11 nomor sanda yang dipertandingkan, atlet pelatnas sampai medali emas di empat kelas, melalui Rosalina Simanjuntak di 52 kg putri Sanda, Yusuf Widiyanto (56kg/putra), Hendrik Tarigan (65 kg/putra) dan Puja Riyaya (70 kg/putra).

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bola Basket
Next Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bowling

About author

You might also like

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian games 2018 Taekwondo

Taekwondo merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Korea, kata taekwondo berasal dari 3 kata Bahasa Korea seperti “Tae” yang berarti kaki, “Kwon” yang berarti tinju, dan juga

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bola Basket

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bola Basket – Bola Basket Adalah salah satu cabang Olahraga berkelompong yang dimainkan oleh 2 Tim. Masing-masing dari tim tersebut beranggotakan 5 orang pamain yang

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepak Takraw

Olahraga Sepak Takraw – Merupakan olahraga tradisional di negara Asia Tenggara. Setiap tim beranggotakan 3 orang. Metode permainannya dengan menendang bola rotan ke daerah lawan yang dipisahkan oleh jaring setinggi 152cm

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply