Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tinju

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tinju

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tinju – Tinju merupakan salah satu olahraga seni bela diri tertua, dimana olahraga Tinju mulai masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games II tahun 1954 di Manila. Dalam perhelatan Asian Games sampai sekarang Filipina, Korea Selatan, Kazakhstan, dan Thailand memiliki atlet – atlet terkuat dalam kancah amatiran

Adapun olahraga Tinju ini memiliki 11 kategori pada Pria yang dipertandingkan : 48 kg (overpass), 51 kg (kelas terbang), 54 kg (kelas bantam), 57 kg (kelas bulu), 60 kg (kelas ringan), 64 kg (kelas welter ringan), 69 kg (kelas welter), 75 kg (kelas menengah), 81 kg (kelas berat ringan), 91 kg (kelas berat), dan +91 kg (kelas super berat). Sedangkan untuk wanita terbagi atas 3 kategori yang dipertandingkan 51 kg (kelas terbang), 60 kg (kelas ringan), dan 75 kg (kelas menengah).

Olahraga Tinju yang sejatinya mengandalkan kekuatan pukulan pada tangan yang biasanya disebut dengan Tinju yang biasanya dipertandingkan dalam 1 arena pertandingan yang diikuti olah 2 orang yang bertarung dalam arena pertarungan. Dimana dalam pertarungan tersebut, keduanya haruslah saling menyerang dan menghindari setiap pukulan yang dilancarkan sampai menjatuhkan salah satu lawan. Cara untuk menang dalam olahraga Tinju ini bisa dengan cara menjatuhkan lawan dengan pukulan yang membuat tidak bisa membuat lawan untuk melanjutkan pertarungan. Setelah itu wasit akan menghitung dari satu sampai sepuluh dan tidak bangkit, maka akan dinyatakan kalah atau TKO (Technical Knockout) atau KO.

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tinju

Sejarah Singkat Olahraga Tinju

Kata Tinju dalam bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “Boxing” atau “Pugilism” yang secara etimologi berasal dari kata Yunani Pugno, Pignis, Pugnare, yang berarti segala sesuatu yang berbentuk kotak (dalam bahasa Inggris “Box”). Dengan demikian Tinju adalah tangan dengan kepalan dengan bentuk seperti kotak yang siap untuk dipukulkan saat bertarung.

Meskipun belum dapat diketahui dengan pasti awal terjadinya pertarungan tinju, namin pada tahun 450 M, dalam suatu perayaan pesta berolahraga Olimpiade kuno, ada catatan sejarah mengenai Theagenes seseorang petinju legendaris yang datang dari Thaos, Yunani yang mempunyai catatan bertanding sekitar 1.406 kali. Dalam Kitab mahabrata juga bercerita ada laga adu kekuatan dengan tangan kosong terkepal yang sama-sama memukul. Dalam mitos Yunani ada nama Poliux, saudara kembar dari Castor, putera legendaris dari Jupiter serta Leda diketahui menjadi bapak Boxing atau Pugilism.

Pertandingan tinju juga popular di Yunani dan Mesir sebagai hiburan. Akan tetapi pertandingan tinju yang dilakukan pada zaman Romawi berlainan dengan yang saat ini dimana pertandingan tinju memakai sarung tangan yang dilapis besi sehingga banyak menyebabkan kematian dalam bertarung. Selain itu tidak ada kelas-kelas dalam tinju, siapa saja bisa ikut bertanding.

Seiring perkembangan zaman serta untuk menghindari jatuhnya korban karena olahraga tinju ini, maka pertinju memakai sarung tangan berbahan lunak. Petinju dari Inggris James Ping (1973) adalah petinju pertama juga yang mengenakan sarung tinju yang tidak ada bahan besinya sehingga lebih aman seperti yang dipakai sekarang ini .

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepak Takraw

About author

You might also like

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bridge

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bridge – Bridge merupakan sebuah permainan yang menggunakan kartu remi sebagai medianya. Dicabang olahraga tersebut terdapat 4 orang yang di bagi 2 tim, setiap pemain

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Atletik

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Atletik – Atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis cabang olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi olahraga lompat, lempar, lari dan juga jalan. Kata

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu – Wushu merupakan seni bela diri tradisional yang berasal dari cina. Olahraga tersebut sudah ada dalam daftar kompetisi Asian games sejak 1990 di Beijing,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply