Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tenis Meja

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tenis Meja

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tenis Meja – Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tenis Meja. Sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai olahraga tenis lapangan, kali ini saya akan membahas salah satu cabang olahraga yang juga kerap kali di pertandingkan pada ajang Asian Games ataupun pada pertandingan-pertandingan lainnya. Tenis Meja sendiri lebih dikenal sebagai olahraga “ping pong” dimana permainan ini dilakukan oleh dua orang atau dua pasangan yang memainkan ping pong menggunakan pemukul dengan tujuan supaya lawan gagal mengembalikan bola. Sesuai namanya, Olahraga ini memanfaatkan meja sebagai pengganti lapangan.

Sejarah Singkat Olahraga Tenis Meja / Ping Pong

Sejarah olahraga yang satu ini berawal dari abad ke 19 yang dibuat di negara Inggris. Pada saat itu, tenis meja hanya dimainkan oleh orang-orang kelas yang atas. Namun pada tahun 1901 olahraga ini sudah mulai terkenal. Ketika itu James W.Gibb, pencinta tenis meja melakukan inovasi dengan menemukan bola seluloid ketika melakukan perjalanan menuju Amerika Serikat. Lantas ia menganggap bola tersebut dapat digunakan.

Sementara itu, pada tahun yang sama E. C. Goode menciptakan raket yang lebih modern dengan cara memasang selembar karet yang diberi bintik ke kayu yang telah dibasahi. Dan pada saat itu juga diterbitkan buku tentang tenis meja dan selang 1 tahun kemudian baru diadakan sebuah turnamen meski tidak bisa dikatakan sebagai pertandingan resmi.

Mulai tahun 1921 organisasi olahraga yang menaungi tenis meja mulai didirikan. Seperti Asosiasi Tenis Meja (TATA) yang dibuat di negara Inggris, serta Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) 5 tahun kemudian. Kejuaraan dunia resmi yang pertama akhirya diadakan di London pada tahun 1926. Dan pada tahun 1933, negara Amerika Serikat mulai membentuk Asosiasi Tenis Meja Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Olahraga ini semakin populer ketika tahun 1988 secara resmi di pertandingkan pada ajang olimpiade.

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tenis Meja

Sama seperti tenis lapangan, tenis meja juga kerap kali dipertandingkan pada ajang pesta olahraga se Asia ini. Walaupun pesta olahraga ini telah diadakan pada tahun 1951, namun untuk cabang olahraga tenis meja baru dipertandingkan pada Asian Games 1958 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang.

Bagaimana prestasi atlet Indonesia pada cabang olahraga tersebut? Jika kita mengacu pada 3 edisi terakhir Indonesia tidak bisa berbicara banyak pada cabang olahraga tenis meja. Tidak ada satu medali pun yang didapat baik emas, perak, ataupun perunggu. Tentu hal ini sangat mengecewakan pendukung tim tenis meja Indonesia yang haus akan gelar juara.

Diharapkan pada ajang Asian Games 2018 dimana kita menjadi tuan rumah, prestasi tersebut bisa didongkrak kembali dengan merebut lebih banyak medali demi membawa harum bangsa dan negara Indonesia.

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Angkat Besi
Next Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tenis

About author

You might also like

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Eksibisi Asian Games 2018 Canoe Polo

Cabang Olahraga Eksibisi Asian Games 2018 Canoe Polo – Canoe polo adalah kombinasi dari dua cabang olahraga, yaitu kayak canoe dan polo air. Bagaimanapun cabang olahraga ini perdana diperlombakan di

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Pencak Silat

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Pencak Silat – Jika dibandingkan dengan keempat cabang olahraga yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pencak silat mungkin yang paling populer. Pencak silat sendiri sebenarnya merupakan seni

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Jet Ski

Cabang Olahraga Jet Ski – Merupakan pertama kalinya diikutsertakan pada Asian Games. Sebelumnya olahraga jet ski sudah pernah diadakan di Asian Beach Games pada tahun 2008, 2010, dan 2014. Cabang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply