Cabang Olahraga Asian games 2018 Taekwondo

Cabang Olahraga Asian games 2018 Taekwondo

Taekwondo merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Korea, kata taekwondo berasal dari 3 kata Bahasa Korea seperti “Tae” yang berarti kaki, “Kwon” yang berarti tinju, dan juga “Do” yang berarti jurus. Secara harafiah taekwondo mempunyai arti “ jurus dengan kaki dan tangan”. Nama taekwondo sendiri dipakai sejak tahun 1950-an, sementara itu akar seni taekwondo tersebut sudah ada sejak 2300 tahun yang lalu di Korea.

Taekwondo berkembang dengan berbagai perpaduan seni bela diri Jepang dan juga Tiongkok, serta element seni bela diri tradisional Korea, seperti taekkyeon, gwonbeop, dan subak.

Ciri-ciri taekwondo lebih menekankan pada jurus tendangan kaki tinggi ke kepala, tendangan kaki melompat yang berputar-putar, dan tehnik tendangan kaki cepat. Bahkan juga, pertandingan laga dari Federasi Dunia Taekwondo memberi point lebih untuk serangan dengan tendangan kaki berputar-putar, tendangan kaki ke kepala, atau gabungan kedua-duanya.

Sejarah Singkat Taekwondo

Tahun 1945, beberapa sekolah bela diri baru yang bernama kwan di buka di Seoul. Sekolah ini dibangun oleh seniman bela diri Korea yang awal mulanya sempat belajar di Jepang. Pada dasarnya, arti “taekwondo tradisional” umumnya merujuk pada seni bela diri yang di ajarkan di kwan pada tahun 1940 sampai 1950an, meskipun nama “taekwondo” tersebut belumlah ada pada saat itu.

Berawal pada tahun 1955, beberapa pejabat kwan berunding untuk membuat seni bela diri yang menjadikan satu semua tehnik bela diri ciri khas Korea. Diawali dengan Tae Soo Do menjadi nama awalannya, nama taekwondo awalannya susah di terima oleh beberapa pejabat kwan. Pada akhirnya pada tahun 1959, didirikanlah Asosiasi Taekwondo Korea untuk memfasilitasi penggabungan seni bela diri Korea.

Seni Taekwondo

Serupa dengan berbagai seni bela diri di benua asia, taekwondo mempunyai berbagai gaya yang berasal dari beberapa sekolah ( kwan ). Beberapa yang paling menonjol sebagai berikut ini :

Taekwondo tradisional: Adalah kombinasi dari beberapa gaya taekwondo yang popular ditahun 1940-1960an, sebelum beberapa sekolah (kwan) yang membangun asosiasi taekwondo di Korea melebur jadi satu tehnik taekwondo seperti yang kita kenal saat ini. Tidak ada satu jurus yang ciri khas dalam taekwondo tradisional, karena bergantung pada sekolah/kwan manakah yang mereka ikuti.

Gaya Federasi Internasional Taekwon-Do (FTI): Dikenal juga dengan gaya Chang Hon, di ajarkan menjadi cabang dari tehnik yang di kembangkan oleh Asoisasi Taekwondo Korea, suatu asosiasi yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan penggabungan tehnik taekowndo. ATK sendiri dibangun untuk memadukan 9 gaya bela diri berlainan yang awal mulanya diyakini oleh 9 kwan, 9 sekolah bela diri Korea pertama yang tercipta sesudah tahun 1945.

Gaya Kukkiwon/Federsi Taekwondo Dunia (FTD): Dikenal juga menjadi cabang di olimpiade, cabang berolahraga, atau yang lebih diketahui dengan sebutan gaya Kukkiwon taekwondo. Sesaat sesudah perpecahan FTI jadi kombinasi kwan bergaya ATK, beberapa kwan yang tersisa juga menjadikan satu diri membuat gaya taekwondo “nasional” (kukki). Inisiasi ini digagas oleh Kukkiwon pertama, “akademi nasional” untuk taekwondo yang pertama di Korea Selatan.

Taekwondo Saat Ini

Taekwondo sekarang ini masih sengit dan juga seru seperti dahulunya. Taekwondo, saat ini dibawah naungan Federasi Taekwondo Dunia sudah berkembang jadi seni serta berolahraga internasional yang telah disadari di lebih dari 190 negara di semua dunia. Di tahun 1975, Persatuan Atlet Amatir Amerika (PAA) terima taekwondo menjadi berolahraga resmi. Taekwondo juga disadari oleh Asosiasi Umum dari Federasi Berolahraga Internasional(AUFO) serta Dewan Berolahraga Militer Internasional (DOMI) di tahun 1976. Pada tahun 1980, FTD jadi Komite Olimpiade Internaisonal (KOI), federasi berolahraga yang populer, jadikan taekwondo menjadi berolahraga pertunjukkan di kompetisi Olimpiade tahun 1988 serta 1992.

Pada tahun 1986, taekwondo masuk dalam daftar kompetisi Asian games yang kala itu bertuan rumah di seoul, Korea selatan. Dan hingga kini taekwondo akan tetap menjadi bagian dari cabang olahraga di Asian games 2018 jakarta – Palembang.

Hmm, apakah Indonesia akan dapat kesempatan berebut medali emas dalam cabor ini? Mari kita bersama mengikuti kompetisi asian games 2018 yang akan berlangsung tanggal 18 agustus 2018 ini. Terima kasih.

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Paralayang
Next Cabang Olahraga Asian Games 2018 Berkuda

About author

You might also like

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Atletik

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Atletik – Atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis cabang olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi olahraga lompat, lempar, lari dan juga jalan. Kata

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Modern Pentathlon

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Modern Pentathlon – Modern Pentathlon merupakan cabang olahraga olimpiade yang terdiri dari lima pertandingan yang berbeda yakni; anggar, renang gaya bebas, berkuda, dan pertandingan terakhir

Asian Games 2018 0 Comments

Profil Para lawan Sepak Bola Indonesia Dalam Asian Games 2018

Profil Para lawan Sepak Bola Indonesia Dalam Asian Games 2018 – Dalam hitungan hari saja, Asian games 2018 jakarta – Palembang bakal di mulai. Sepak bola merupakan cabor yang pastinya

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply