Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX – BMX adalah sepeda khusus yang digunakan untuk melakukan atraksi ekstream yang dapat menarik perhatian para penonton dan membuat kagum para penonton yang melihat atraksinya. BMX adalah Bicycle Moto-Cross, jenis sepeda kecil dengan design yang unik. kecil, dan lincah.

Di Amerika Serikat permainan ini sangat dikenal dan gemari anak muda disana. Pertama kali bmx muncul dengan design sepeda Schwinn Stingray. Sepeda tersebut di design dan diproduksi pada tahun 1963. Pada tahun keluarnya anak-anak di Amerika serikat menggunakannya untuk meniru gaya pemain motocross. Pada masa tersebut, motocross memang sedang tengah populer sehingga wajar anak-anak disana meniru gaya pemain motocross.

Pada tahun 1970 bmx sedang meledak-ledaknya. Dimana, anak-anak menggunakannya untuk diluar rumah dan dijalan raya. Pada tahun 70an juga bmx menjadi salah satu jenis sepeda yang istimewa. Penggendara bmx terus mempelajari teknik dan gaya layaknya pemain motocross.

Semakin populernya olahraga bmx. Pada tahun tersebut juga mereka membuat badan pengamanan dengan nama American Bicycle Association (ABA). Majalah olahraga bmx mulai berdiri sejak badan pengamanan resmi dibuka. Majalah tersebut adalah seperti Bicycle Motocross Action Magazine(BMXA) dan Bicycle Motocross News.

Perkembangan BMX terbilang sangat cepat. Semenjak didirikan Federasi BMX International berdiri setahun kemudian kejuaraan dunia diselenggarakan. BMX hampir keseluruhan memiliki kesamaan dengan bersepeda daripada sepeda motor. Sejak Januari 1993, BMX terintegrasi ke dalam Union Cycliste Internationale (UCI).

Indonesia sendiri terkena dampak dari kepopuleran BMX ini. Buktinya, pada olimpiade RIO tahun lalu Indonesia mengikuti ajang olahraga tersebut dengan membawa atlet berprestasi. dan cabang olahraga Asian Games 2018  sepeda bmxckembali diperlombakan kembali dengan atlet-atlet berprestasi.

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX yang Diperlombakan

BMX SuperCross (SX) berlangsung disirkuit sepanjang 350 meter dengan 8 orang rider akan melewati rintang tertentu. Jalur yang harus dilewati oleh rider tersebut setinggi delapan meter dan berlomba melewatinya secara bergantian. Melewati sudut memberlok hingga mendatar.

Rider harus menjadi yang tercepat untuk dapat menjadi juara pertama. Oleh karena iut, rider akan membawa sepeda mereka dengan secepat mungkin atau mendapatkan ketinggian yang ditargetkan.

BMX Freestyle, sesuai dengan namanya rider akan melakukan atraksi mengaangkat sepedanya dan melompat dengan sepedanya. rider biasanya melakukan atraksi di area datar, pada ramp (tempat khusus untuk atraksi) dan di jalan raya. BMX Freestyle terbagai menjadi 5 cabang lainnyam diantaranya Park, Vert, Flat, Street dan Dirt.

Park ialah pesepa harus melakukan sebuah atraksi di media yang telah diberikan halangan seperti tempat duduk, tembok atau joggig track.

Vert ialah singkatan dari Vertikal. rider akan beratraksi di ramp berbentuk U yang tingginya sekitar 4,5 meter. rider terbaik akan mampu melompati hingga lebih dari 4,5 meter atau melebihi tinggi ramp tersebut. Untuk dapat melakukan atraksi vert, rider harus latihan hingga bertahun-tahun karena atraksi ini sangat berbahaya.

Flat ialah rider melakukan aktif di area datar secara langsung tanpa ada bantuan ramp untuk beratraksi.

Street ialah atraksi yang dilakukan di jalanan. Pada atraksi ini rider akan melakukan atraksi dengan menggunakan media yang ada dijalan, seperti tangga, pagar, trotoar besi melintang ataupun kontur lainnya.

Dirt ialah melakukan atraksi di area gundukan tanah sama seperti melompati gundukan tanah dan balapan kecepatan.

Atlet Putra Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX

– Toni Syarifudin
– I Gusti Bagus Saputra
– Rio Akbar (Cadangan)

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bowling
Next Cabang Olahraga Panahan Asian Games 2018

About author

You might also like

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepak Takraw

Olahraga Sepak Takraw – Merupakan olahraga tradisional di negara Asia Tenggara. Setiap tim beranggotakan 3 orang. Metode permainannya dengan menendang bola rotan ke daerah lawan yang dipisahkan oleh jaring setinggi 152cm

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tinju

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Tinju – Tinju merupakan salah satu olahraga seni bela diri tertua, dimana olahraga Tinju mulai masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games II

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Skateboarding

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Skateboarding – Cabang Olahraga Asian Games 2018 Skateboarding. Meski olahraga ini kurang begitu populer untuk sebuah ajang pesta olahraga, namun nyatanya Skateboarding menjadi olahraga yang juga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply