Cabang Olahraga Asian Games 2018 Senam

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Senam

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Senam. Asian Games 2018 yang akan segera diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumahnya. Jakarta-Palembang merupakan dua kota yang terpilih untuk menyelenggarakan kompetisi terbesar di Benua Asia ini. Terdapat 45 Negara dan 40 Cabang Olahraga yang akan di pertandingkan pada Asian Games 2018, salah satunya adalah Cabang Olahraga Senam. Cabang Olahraga Senam terbagi atas dua bagian yakni Senam Ritmik dan Senam Artistik.

Senam Ritmik adalah gerakan tubuh yang dilakukan mengikuti iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam Ritmik merupakan olahraga yang menggabungkan antara unsur Balet, Senam, Tari, dan Menggunakan Alat.

Penilainan pemenang pada Senam Ritmik adalah dimana peserta yang akan mendapatkan poin terbanyak yang sudah di tentukan oleh Juri sesuai dengan berbagai gerakan lompatan, salto, pirouettes (pivot), penanganan aparatur, dan eksekusi. Koreografi yang dimainkan harus bisa mencakup seluruh lantai yang berisi tentang semua keseimbangan lompatan, pivot, keseimbangan, dan gerakan flesibilitas. Kemampuan fisik merupakan faktor utama dalam senam Ritmik ini yang meliputi kekuatan, fleksibilitas, kelincahan, kelincahan, daya tahan dan koordinasi tangan-mata.

Senam Artistik adalah senam yang menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk bisa mendapatkan keindahan atau artistik dari semua gerakan yang dilakukan dengan menggunakan alat. Biasanya seorang pesenam Artistik harus melakukan gerakan dalam waktu 30 sampai 90 detik guna untuk melakukan berbagai rangkaian gerakan singkat di setiap alat yang berbeda.

Dalam Senam Artistik terdiri dari 14 nomor yang dipertandingkan 8 Nomor Pria Team : Perorangan, Individu All Around, Senam Lantai, Pommel Horse, Rings, Vault, Paralel Bar, Horisontal Bar dan 6 Nomor Wanita Team : Individu, All-Around, Vault, Bar Tidak Sejajar, Balok Keseimbangan, Senam Lantai.

Sejarah Perkembangan Senam Di Indonesia

Senam pertama kali dikenal di Indonesia adalah pada tahun 1912, dimana saat itu senam untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia saat zaman penjajahan Belanda. Masuknya olahraga senam ini bersamaan dengan ditetapkannya Pendidikan Jasmasni sebagai Mata Pelajaran Wajib di semua sekolah – sekolah di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu Senam sebagai bagian dari penjaskes juga sudah diajarkan di sekolah.

Senam yang diperkenalkan untuk pertama kalinya waktu itu adalah Senam Sistem Jerman, dimana Sistem ini menekankan pada kemungkinan – kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan. Kemudian pada tahun 1916 sistem itu digantikan oleh sistem Swedia yang menekankan pada manfaat gerak. Sebuah sistem yang dahulunya diperkenalkan olah seorang perwira kesehatan angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr.H.F. Minkema, melalui Minkema inilah senam di Indonesia mulai menyebar dan tahun 1918 ia membuka kursus senam Swedia di kota Malang untuk para tentara dan guru.

Tetapi awal proses menyebarnya senam itu di Bandung pada tahun 1922 dibuka MGSS (Militaire Gymnastiek en Sporschool). Dimana mereka – mereka yang sudah lulus dari sekolah tersebut selanjutnya menjadi Instruktur senam Swedia di sekolah – sekolah. Melihat dari perkembangannya yang semakin baik, MGSS kemudian membuka berbagai cabang diantaranya di Bogor, Malang, Surakarta, Medan, dan Probolinggo.

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Senam

Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 merupakan akhir dari kegiatan senam yang berbau barat di Indonesia. Jepang dengan tegas melarang segala bentuk senam di sekolah dan di lingkungan masyarakat yang harus digantikan dengan “Taiso”. Taiso adalah sebuah senam pagi yang berbentuk kalestenik yang harus dilakukan dan dilaksanakan di semua sekolah – sekolah sebelum pelajaran dimulai yang di iringi radio yang disiarkan secara serentak. Baik sebelum maupun sesudah itu, murid – murid diharuskan untuk memberikan hormat pada Kaisar Jepang.

GANEFO adalah sebuah sebuah produk pemikiran politik dari Soekarno (Presiden Pertama RI) untuk menggalang kekuatan negara – negara baru yang bertujuan untuk membalas tindakan IOC yang memecat Indonesia dari Keanggotaannya. Negara yang ikut berpartisipasi dalam GANEFO adalaha China, Rusia, Korea, Mesir, dan tuan rumah Indonesia. Adapun senam yang dipertandingkan adalah Senam Artistik.

Sehingga pada tahun 1969 Senam mulai dipertandingkan untuk pertama kalinya di PON VII di Surabaya. Namun, perkembangan senam di Indonesia dapat dikatakan lamban di kanca Internasional.

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Triathlon
Next Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bulu Tangkis

About author

You might also like

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Menembak

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Menembak – Cabang Olahraga Asian Games 2018 Menembak. Olahraga menembak merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup sering dipertandingkan pada ajang-ajang olahraga bergengsi termasuk pada

Asian Games 2018 0 Comments

Indonesia: Tuan Rumah dan Soal Prestasi di Asian Games 2018

” Target meraih 10 besar ini benar-benar akan terus kami kawal dengan detail. “ – Imam Nahrowi ( Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia ) 10 Besar. Itulah target yang digaungkan oleh

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian games 2018 Taekwondo

Taekwondo merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Korea, kata taekwondo berasal dari 3 kata Bahasa Korea seperti “Tae” yang berarti kaki, “Kwon” yang berarti tinju, dan juga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply