Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bowling

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bowling

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bowling – Permainan Bowling pertama kalinya mulai diperlombakan pada Asian Games VIII Bangkok 1978, dimana permainan ini sempat absen pada Asian Games IX New Delhi 1982 dan Asian Games XI Beijing 1990 yang kemudian permainan Bowling ini masih terus dipertandingan sampai saat ini. Adapun beberapa kategori pertandingan untuk Pria dan Wanita yakni Perorangan, Ganda, Trio, Regu 5 Orang, All Events, dan Master.

Bowling adalah jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan cara menggelindingkan bola khusus yang terbuat dari resin untuk menjatuhkan sepuluh pin sebagai target yang disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari bagian atas.

Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali lemparan maka itu akan disebut sebagai Strike. Dimana jika lemparan pertama tidak menjatuhkan semua pin tersebut, bisa dilakukan lemparan kedua yang biasa disebut dengan Spare. Namun, ketika pada kedua lemparan tersebut tidak bisa menjatuhkan semua pin yang tersisa maka akan disebut dengan Open Frame (missed) yang akan dimenentukan perhitungan angka yang akan didapat dalam setiap game.

Berikut Adalah Aturan Cara Bermain Bowling :

– Lapangan dan Peralatan Bowling
Permainan Bowling biasanya disebut juga sebagai permainan bola gelinding ini dapat dimainkan pada ruang khusus. Adapun panjang jalur untuk permainan Bowling adalah 18,75 meter dan lebar 100 cm.

Sebuah pin yang merupakan target atau sasaran memiliki berat sekitar 1,14kg, tinggi 37 cm yang disusun sebanyak 10 buah dengan jarak antar botol 12 inchi yang diletakan pada ujung jalur lemparan yang disusun berbentuk segitiga.

Untuk bola gelinding beratnya sekitar 4 – 8 kg dengan garis lingkaran sepanjang 70 cm. Dimana bola ini dirancang secara khusus yang dilengkapi dengan tempat untuk pegangan jari – jari dalam bola.

– Cara Bermain Permainan Bowling
Permainan Bowling akan beberapa cara yang harus dilakukan sebelum melangkah dan melempar bola, dimana pemain harus bisa berdiri dengan memiliki tiga sudut yakni sudut kanan, tengah, dan kiri. Sedangkan untuk cara melangkah dari tempat berdiri sampai tempat lemparan bola ada tiga yakni tiga langkah, empat langkah, dan lima langkah.

– Cara Perhitungan Angka Pada Permainan Bowling :
1. Setiap permainan memiliki 10 frame.
2. Setiap frame memiliki 2 kotak untuk dua kali kesempatan lemparan.
3. Khusus untuk frame 10 akan terdapat 3 kotak, dimana pada frame 10 akan ada tiga lemparan.
4. Skor tertinggi pada setiap permainan Bowling adalah 300 yang biasa disebut sebagai Perfect Game.
5. Setiap strike akan mendapatkan tambahan angka dari 2 lemparan selanjutnya, sedangkan Spare hanya mendapatkan tambahan angka dari 1 lemparan selanjutnya.

Previous Cabang Olahraga Asian Games 2018 Wushu
Next Cabang Olahraga Asian Games 2018 Sepeda BMX

About author

You might also like

Asian Games 2018 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Berkuda

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Berkuda adalah sejenis keterampilan atau olahraga yang mempersatukan menunggangi, melompat, mengendarai dan berlari menggunakan kuda. Olahraga ini berpusat kepada kuda dan penungganya sebagai pengendara dari

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bridge

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Bridge – Bridge merupakan sebuah permainan yang menggunakan kartu remi sebagai medianya. Dicabang olahraga tersebut terdapat 4 orang yang di bagi 2 tim, setiap pemain

Asian Games 0 Comments

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Skateboarding

Cabang Olahraga Asian Games 2018 Skateboarding –┬áCabang Olahraga Asian Games 2018 Skateboarding. Meski olahraga ini kurang begitu populer untuk sebuah ajang pesta olahraga, namun nyatanya Skateboarding menjadi olahraga yang juga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply